cari cari ...

Tuesday, March 8, 2011

Infrastruktur Indonesia Buruk "Pemerintah Cuma Bisa Buat Masterplan, Tak Bisa Realisasikan"

Infrastruktur Indonesia Buruk "Pemerintah Cuma Bisa Buat Masterplan, Tak Bisa Realisasikan". Pemerintah dinilai hanya mampu membuat masterplan terkait infrastruktur, tapi tak mampu merealisasikannya.

"Pertumbuhan ekonomi kita prediksi 6,4 persen tahun ini, tapi ini juga harus disokong realisasi infrastruktur, pemerintah jangan hanya bisa buat masterplan-nya, harus di realisasikan," ungkap Chief Economist Danareksa Research Institut Purbawa Yudhi Sadewa di Jakarta, Selasa (8/3/2011).

Lebih lanjut dia menambahkan realisasi infrastruktur itu salah satu penyokong pertumbuhan ekonomi selain sekarang investasi diprediksi akan tumbuh double digit, dan ekspor akan terus tumbuh.

Sekarang ini, Indonesia menghadapi masalah buruknya infrastruktur. Bahkan, Indonesia disebut-sebut tergolong negara yang paling rendah di antara negara tetangga dalam belanja infrastruktur.

"Indonesia menjadi negara yang belanja infrastrukturnya paling rendah sekarang ini. Jika China belanja infrastruktur bisa mencapai 10 persen dari gross domestic bruto (GDP), Vietnam delapan persen. Sementara Indonesia hanya dua persen. Idealnya belanja infrastruktur minimal lima persen," kata pengamat ekonomi Tony A Prasetiantono akhir tahun lalu.

Meskipun begitu, Tony masih melihat Indonesia memiliki modal kuat untuk khususnya dalam nilai tukar rupiah yang dalam setahun terakhir sangat tangkas dan stabil. Menurutnya, Indonesia memiliki modal cukup kuat untuk menarik masuk investasi dengan nilai tukar yang kuat dan stabil.

okezone.com Infrastruktur Indonesia Buruk "Pemerintah Cuma Bisa Buat Masterplan, Tak Bisa Realisasikan"

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More