cari cari ...

Tuesday, March 8, 2011

Rumah Murah Tanggung Jawab Pemerintah

Rumah Murah Tanggung Jawab Pemerintah. Pengamat properti Ali Hanafia mengatakan dalam program penyediaan rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, merupakan tanggung jawab pemerintah. Pengembang atau swasta diminta untuk tidak terlibat program ini.

"Program rumah murah di seluruh negara harus dibangun oleh pemerintah. Dimana pemerintah harus melayani masyarakatnya, terutama yang berpenghasilan rendah. Dalam hal ini, pengembang lebih baik tidak disertakan," ujar Ali kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (7/3/2011).

Menurut Ali, pengembang memiliki kepentingan bisnis dan keuntungan, sehingga sulit kalau dilibatkan dalam penyediaan rumah murah. "Lebih baik pengembang kalau ingin terlibat program rumah murah membuatnya seperti CSR (Corporate Social Responsibility). Mereka menyisihkan berapa persen untuk subsidi program rumah murah pemerintah," ujarnya.

Selain itu, Ali mengatakan sudah saatnya pemerintah membentuk badan khusus semacam departemen yang mengurusi urusan perumahan murah bagi MBR. "Pemerintah yang membangun, badan khusus ini yang mengurusi agar tidak terbengkelai seperti program 1.000 menara rumah susun sejahtera," jelasnya.

kompas.com Rumah Murah Tanggung Jawab Pemerintah

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More