cari cari ...

Tuesday, January 27, 2015

Khilafah Mengurusi Urusan Umat

Khilafah Mengurusi Urusan Umat HTI Press. Palembang, Sabtu 11 Januari 2015. Bertempat di Masjid Al-Hikmah Paembang, sekitar 70 peserta mengikuti Daurah Dirosah Islamiyyah yang diadakan oleh Muslimah HTI Palembang Utara. Tema yang diusung dalam dauroh ini adalah “Khilafah: Pengatur dan Pelindung Umat” dengan narasumber Ustadzah. Eti Sudarti Adilah, S.P. (Ketua DPD II Muslimah HTI Palembang).

Dalam pemaparannya Esti mengatakan bahwa Khilafah memiliki fungsi dua hal: 1. Sebagai Ra’in yaitu sebagai pengatur, yang mengatur dan memenuhi segala kebutuhan umat mulai dari hal besar hingga hal yang terkecil (detail). Contoh kecilnya adalah mengurusi KTP dimana langsung diurus oleh negara tidak diserahkan ke pihak asing (swasta) yang terjadi pada saat ini, ujarnya. Kedua, sebagai Junnah (pelindung) sebagaimana Sabda Rasulullah “Pemimpin (Khilafah) adalah pelindung umatnya” bagaikan seorang pengembala yang akan dimintai pertanggung jawaban atas gembalaannya.

Bahkan dalam hal aqidah menjadi kewajiban negara untuk memastikan umatnya bahwa aqidah mereka tetap terjaga, tegasnya. Dauroh ini tidak hanya diisi dengan pemaparan materi tetapi juga diisi oleh aksi teatrikal dari tim teatrika Muslimah HTI Palembang Utara yang menggambarkan kondisi perempuan saat ini yang menderita akibat kapitalisme. Terlebih lagi mereka dipaksa untuk menghilangkan fitrah-Ibu dan Manajer rumah tangga-nya, bahkan sebagian dari para peserta menitikan air mata saat teatrikal berlangsung.

http://hizbut-tahrir.or.id/2015/01/22/khilafah-mengurusi-urusan-umat/

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More