cari cari ...

Friday, November 5, 2010

tolak obama datang, gema pembebasan demo di istana

Ratusan mahasiwa yang tergabung dalam Gema Pembebasan melakukan aksi demonstrasi di depan istana negara terkait rencana kedatangan Obama ke Indonesia. Dalam aksinya mereka dengan tegas menolak kedatangan presiden Amerika tersebut ke Indonesia.

Pasalnya kedatangan Obama ke Indonesia ditengarai akan melakukan perjanjian kemitraan komprehensif yang tidak sejajar dengan Indonesia. Dalam press releasenya perjanjian tersebut dianggap sebagai perjanjian yang bersifat imprealistik, selain itu juga di sebutkan kedatangan Obama ke Indonesia untuk melakukan lobi kepada pmerintah dalam hal pengembalian blok Natuna yang memiliki kandungan gas dan minyak. Padahal semenjak tahun 2008 pengelolaan blok Natuna sudah diserahkan kepada Pertamina.


Tidak hanya itu, kelompok ini juga menilai rencana Obama yang akan berpidato secara terbuka merupakan politik pencitraan Amerika. Hal ini dimaksudkan agar Obama mendapatkan legitimasi dari masyarakat muslim ketika Obama berpidato di Indonesia secara terbuka, karena negara Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar. Padahal di negara yang berpenduduk muslim lain masih mengalami konflik dan keterjajahan yang disebabkan oleh negara adidaya tersebut.

Menurut korlap aksi, Inshany R, aksi ini tidak hanya digelar di Jakarta, aksi yang sama juga dilangsungkan di 31 kota besar di indonesia, diantaranya adalah: Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Malang, Surabaya dan Makasar.

Masih menurut Inshany, tuntutan aksi kali ini adalah: menolak kedatangan obama, menyarankan kepada pemerintah indonesia untuk membatalkan rencana perjanjian kemitraan komprehensif. Selain itu, para mahasiswa juga mengungkapkan turut berduka cita atas bencana yang melanda Indonesia.

Dalam orasinya,mahasiswa tersebut mengatakan bahwa Obama sebagai simbol panjajahan. Setelah berorasi di depan istana negara barisan mahasiswa terseut bergerak menuju kedutaan besar amerika untuk melanjutkan aksinya. "Tanggal 10 November adalah hari pahlawan, namun sangat ironis pada tanggal tersebut Obama datang ke Indonesia yang merupakan simbol dari penjajahan," teriak salah satu orator dari Universitas Indonesia (UI).

Sebelum membubarkan diri kelompok mahasiswa tersebut menyerukan kepada kampus -kampus yang tergabung dalam Gema Pembebasan untuk bersama-sama menolak kedatangan Obama. Selain itu dalam orasinya, mahasiswa UI berharap pada saat obama berpidato akan ada pelemparan sepatu.

Hal ini pernah terjadi pada saat Amerika dipimpin oleh George W Bush. Sebelumnya kelompok mahasiswa tersebut malakukan long march dari masjid Istiqlal ke istana negara. Setelah berorasi di istana sekitar 30 menit, para mahasiswa tersebut melanjutkan longmarch ke kedutaan besar Amerika. Setelah itu barisan mahasiswa membubarkan diri.seruu.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More