cari cari ...

Thursday, March 17, 2011

Pendukung Baasyir Sesalkan Pengusiran Kamerawan oleh Hakim

Pendukung Baasyir Sesalkan Pengusiran Kamerawan oleh Hakim. Tindakan ketua majelis hakim Herri Swantoro yang mengusir kamerawan pendukung Abu Bakar Baasyir dari ruang sidang sangat disesalkan. Menurut Jamaah Anshorut Tauhid (JAT), kamerawan yang bernama Tri tersebut, merupakan wartawan JAT yang tengah meliput sidang. Tri bekerja untuk media online JAT yakni jatmediacenter.com (JMC).

"Tri adalah wartawan jatmmediacenter.com. Setiap anggota JMC kami lengkpi dengan kartu pers. Saat itu dia sedang menjalankan fungsi media yakni reportase," kata Direktur JMC, Son Hadi saat dihubungi detikcom, Kamis (17/3/2011).

Hanya saja, menurut hakim Heri Swantoro, tindakan Tri cukup membuat dirinya 'risih' yakni dengan terus menerus menyorot wajahnya tanpa henti dengan handycam. Dengan alasan yang tidak jelas, Heri lalu mengusir wartawan tersebut dari ruang sidang.

"Ini menyorot majelis hakim terus. Tolong dibawa keluar dan digeledah," perintah Heri.

Aparat pun sigap membawa Tri keluar ruang sidang. Tri pun protes berkali-kali. Apalagi polisi berniat mengamankan handycam milik Tri.

"Saya kan hanya meliput sama seperti wartawan yang lain. Saya menyorot semuanya. Tidak hanya majelis hakim," ujar Tri.

Setelah berkali-kali diperiksa dan beradu argumen, Tri akhirnya dibebaskan. Kamera milik Tri pun akhirnya dikembalikan. Namun dia tidak diperbolehkan kembali ke ruang sidang.

Menurut Son Hadi, pengusiran itu menunjukkan pengadilan tidak fair dan netral. "Jelas hakim arogan sekali dan tidak mencerminkan sosok yang netral dan serta pengadilan yang terbuka," ucap Hadi.

detiknews.com Pendukung Baasyir Sesalkan Pengusiran Kamerawan oleh Hakim

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More