cari cari ...

Friday, March 11, 2011

JK akui kabar 'The Age', tapi...

JK akui kabar 'The Age', tapi... Mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) mengakui adanya pemberian bantuan dana bagi peserta Kongres Partai Golkar seperti yang dituduhkan harian Australia 'The Age' yang mengutip Wikileaks bahwa dirinya menyuap dewan pimpinan daerah (DPD) Golkar untuk merebut kursi ketua umum partai berlambang beringin itu pada kongres partai Desember 2004 lalu.

JK mengaku ada memberikan bantuan namun, tidak suap dan tidak sebesar yang dituding 'The Age'.

Menurut JK, dirinya mengeluarkan uang untuk membayar hotel peserta kongres tapi tidak sebesdar apa yang disebut 'The Age.

"Benar tapi tak sebesar itu kan ada tangung jawab kita bagi peserta biaya hotel, ongkos mau pulang, bayangkan kalau 3.000 orang dan itu setelah saya menang," ujarnya siang ini menjawan tudingan 'The Age'.

JK membantah tudingan 'The Age" bahwa apa yang disebut 'The Age' bukanlah suap tetapi kebiasaan di Indonesia untuk membantu anggotanya karena tidak semua yang ikut Kongres yang mampu untuk membiayai akomodasinya selama kongres.

"Kita luruskan persoalannya. Saya akan jelaskan tidak seperti itu, kebiasaan di Indoneia orang yang menang membantu anggotanya, kriteri Indonesua, tidak semua yang ikut munas itu mampu, jadi kita bantu," tegas JK yang saat ini berada di Jepang.

JK juga akan melakukan klarifikasi tehadap 'The Age' dan diirnya juga menghargai kekebasan pers termasuk teknologi.

Soal tudingan terhadap SBY, JK menyatakan, bahwa SBY harus menjelaskannya dan terbuka mengenai masalahnya.

Sebelumnya, harian asal Australia 'The Age' dalam edisi, Jumat (11/3) dalam headlinenya menyebutkan JK membayar suap besar untuk memenangkan kepemimpinan Golkar, salah satu partai terbesar di Indonesia. Hal itu dilakukannya pada saat kongres partai pada Desember 2004.

Kabel diplomatik rahasia AS menyatakan, JK mengeluarkan uang US$ 22.000 untuk mendapatkan akses mengontrol Partai Golkar.

Diplomat AS melaporkan 243 suara diperlukan untuk mendapatkan suara mayoritas sehingga calon ketua umum Golkar harus merogoh 6 juta dollar AS.

'The Age' juga merilis bahwa Presiden SBY menggunakan kekuasannya untuk memperkaya diri dan menggunakan kekuasannya untuk membunuh lawan politiknya.

waspada.co.id JK akui kabar 'The Age', tapi...

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More