cari cari ...

Monday, February 9, 2015

Ibadah Haji di Era Khilafah tahun 1880 Tanpa Sekat Nasionalisme

 Ibadah Haji di Era Khilafah tahun 1880 Tanpa Sekat Nasionalisme. Foto-foto menarik dari tahun 1880 jamaah haji yang berasal dari 10 negara selama ibadah haji. Waktu itu, sebelum munculnya transportasi modern seperti pesawat udara komersial, perjalanan haji jauh lebih sulit dan berbahaya dan waktu perjalanan haji bisa berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mencapai Makkah.
Hal yang menarik dari foto-foto ini adalah pakaian yang berbeda dari para jamaah mencerminkan kebiasaan tempat asal mereka.

Namun selama haji, identitas kebangsaan mereka seperti menghilang setiap orang memakai dua potong kain yang tidak dijahit sehingga sulit untuk mengidentifikasi kewarganegaraan mereka. Haji membawa semua bangsa dan masyarakat bersama-sama di mana kaum muda, tua, miskin dan kaya berdiri di hadapan Allah dengan keuddukan yang sama.

Foto-foto ini diambil saat kekhilafahan  Utsmani masih ada dan peziarah dapat melakukan perjalanan tanpa kerumitan tanpa paspor dan visa melalui tanah tanpa batas sekat negara seperti sekarang. (ilmfeed.com, 2/10/2014)













http://hizbut-tahrir.or.id/2015/02/03/foto-ibadah-haji-di-era-khilafah-tahun-1880-tanpa-sekat-nasionalisme/

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More