cari cari ...

Tuesday, October 26, 2010

Iran Batasi Ilmu Sosial Yang dari Pemikiran “Barat”

Teheran -Iran telah menerapkan pembatasan baru atas 12 ilmu sosial perguruan tinggi yang dianggap berdasarkan sekolah-sekolah pemikian Barat dan karena itu tidak sesuai dengan pengajaran Islam. Demikian dilaporkan radio pemerintah Ahad (24/10) kemarin.

Daftar itu termasuk hukum, filosofi, manajemen, psikologi, ilmu politik dan dua subyek yang tampak menyebabkan keprihatinan di antara para pemimpin konservatif Iran: studi perempuan dan hak-hak asasi manusia.

“Isi dari mata kuliah dalam 12 subyek itu tidak selaras dengan dasar-dasar religius dan mereka berdasarkan kampus-kampus pemikiran Barat,” kata pejabat senior pendidikan Abolfazl Hassani kepada radio pemerintah itu. www.tempointeraktif.com

Hassani menyebutkan pembatasan-pembatasan mencegah kampus-kampus universitas dari pembukaan fakultas baru dari subyek-subyek tersebut. Dipaparkannya, pemerintah juga akan merevisi materi dari program-program kuliah hingga 70 persen selama beberapa tahun ke depan.

Keputusan tersebut dipandang sebagai suatu tanggapan atas keprihatinan yang ditunjukkan tahun lalu oleh pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khameneim yang mengatakan subyek-subyek (tersebut) dalam mengarah pada keraguan-keraguan religius. www.tempointeraktif.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More