cari cari ...

Tuesday, October 5, 2010

Deteksi Konflik Sejak Dini, MUI Bikin Peta Dakwah Nasional

Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuat terobosan untuk mengatasi terjadinya konflik bernuansa agama di masyarakat. MUI akan membuat peta dakwah nasional yang akan berfungsi untuk mendeteksi dini terjadinya konflik-konflik yang merugikan itu.

"Ini diperlukan untuk memahami potensi kehidupan beragama dari semua aspek kehidupan dan akan menjadi informasi dalam rangka menangani sumber-sumber konflik dan hubungan antar umat beragama," kata Ketua MUI KH Amrullah Ahmad.


Hal itu disampaikan dia usai bertemu dengan Wakil Presiden Boediono di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/10/2010).

"Apabila di Indonesia punya peta dakwah nasional, diharapkan konflik terdeteksi dini dan tidak menimbulkan eskalasi konflik. Baik antar umat Islam maupun konflik dengan agama lain," lanjutnya.

Hasil pemantauan peta dakwah nasional, menurut Amrullah, juga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membuat kebijakan strategis untuk menangani konflik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Ia berencana menggandeng lembaga pemerintah untuk menyusun peta dakwah tersebut.

Bagaimana tanggapan Boediono? "Tadi wapres sangat antusias untuk respon penyusunan peta dakwah nasional untuk jaga stabilitas hubungan umat beragama," jawab Amrullah.
(irw/gun) www.detiknews.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More