cari cari ...

Thursday, September 30, 2010

koran denmark kembali cetak ulang kartun Nabi Muhammad

Menyinggung perasaan kaum Muslim, namun Menteri Luar Negerinya menyebut sebagai kebebasan berpendapat
surya.co.id— Flemming Rose, seorang staf dari surat kabar Jyllands-Posten di Denmark diberitakan telah menerbitkan ulang kartun bergambar Nabi Muhammad dalam format buku.

Buku yang rencananya akan diberi judul The Tyranny of Silence (Tirani Kebisuan) telah dirilis hari Rabu (29/9).

Sebelumnya, kartun ini pernah menimbulkan kemarahan seluruh dunia tahun 2005. Meski telah menyinggung perasaan kaum Muslim dan melanggar HAM, Menteri Luar Negeri Denmark Lene Espersen mengatakan ini sebagai kebebasan berpendapat.


Lene Espersen mengadakan pertemuan dengan 17 duta besar negara-negara Muslim untuk mencegah timbulnya konfrontasi-konfrontasi baru.

Espersen mengatakan pada parlemen Denmark hari Rabu bahwa pesan utamanya kepada para diplomat adalah pentingnya kebebasan bersuara di Denmark.

Sementara itu Flemming Rose membela keputusannya dulu untuk menerbitkan karikatur di harian Denmark – Jyllands Postens sebagai cara menggunakan sindiran keagamaan untuk memicu perdebatan soal kebebasan berekspresi. Menurutnya karikatur itu bukanlah hasutan untuk melakukan kekerasan.

Negara-negara Barat mengingingkan hubungan yang baik dengan dunia Islam, namun di saat yang sama tak mampu mencegah warganya membakar al-Quran dan memperolok Nabi Muhammad melalui gambar. [voan/sh/hidayatullah.com]

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More